Tuesday, January 28, 2014

Empati? Siapa yang punya sifat ini?

em·pa·ti /émpati/ n Psi keadaan mental yg membuat seseorang merasa atau mengidentifikasi dirinya dalam keadaan perasaan atau pikiran yg sama dengan orang atau kelompok lain;
ber·em·pa·ti v melakukan (mempunyai) empati: apabila seseorang mampu memahami perasaan dan pikiran orang lain, berarti ia sudah mampu ~

Well..
Di atas adalah kutipan arti kata yang gue ambil dari kamus besar bahasa Indonesia. 
Gue mau berkeluh kesah sedikit tentang sifat ini.
Honestly, gue termasuk orang yang mempunyai sifat empati.
Gak tau kenapa ya, mungkin emang udah turunan kali ya.
Sifat ini sebenernha susah banget lho kalo untuk menjadi sifat dasar manusia. 
Tapi gak tau kenapa, mungkin karena gue care dengan (contoh: sahabat, teman, saudara) jadi gue kalau ada diantara mereka dalam kesusahan atau masalah yang pelik banget gue bisa turut prihatin banget, lebih tepat lagi empati dengan masalah orang tersebut.
Jadi, kalau bisa gue bantu untuk menyelesaikan masalah mereka ya pasti gue usahain banget.
Tapi, lain cerita dengan orang ke gue.
Gue gak pernah dapet perasaan empati bahkan dari saudara sendiri saat gue tertimpa musibah.
Gue gak perlu dibantu apa-apa, sederhana aja, dengan support doa dan kata-kata yang menenangkan aja mungkin udah bisa buat gue tersenyum dan tenang sedikit.
Semoga setiap manusia dibumi ini bisa memiliki rasa empati.

No comments:

Post a Comment